Ini Deretan Miliarder yang Akan Menyumbangkan Seluruh Hartanya Setelah Mati


Banyak orang kaya yang jiwa sosialnya sangat tinggi. Tidak hanya saat kini masih hidup, namun bahkan kelak jika meninggal mereka lebih memilih untuk menyumbangkan seluruh hartanya ke organisasi amal tanpa menyisakan satu persen pun bagi penerus mereka.

Beberapa figur, misalnya komposer The Phantom of the Opera Andrew Lloyd Webber yang lebih memilih mendonasikan kekayaannya untuk proyek musikal.


Ada juga bos Bloomberg Michael Bloomberg yang menyatakan ingin menyumbangkan seluruh hartanya sebelum mati, dimana sebagian besar akan disalurkan ke organisasi filantropisnya Bloomberg Philanthropies.


Mengutip Entrepreneur.com sebagaimana ditulis liputan6, ini 6 miliarder yang menolak wariskan harta ke anak-anaknya :


1. Gordon Ramsay


Siapa yang tak kenal dengan Gordon Ramsay. Memiliki total 40 restoran di berbagai penjuru dunia, Gordon Ramsay dikenal sebagai koki selebriti terkenal lewat acara televisi “Masterchef US”, “Masterchef Junior”, dan Hell’s Kitchen”.

Saat ini, kekayaan Ramsay mencapai USD 160 juta atau Rp 2,3 triliun (asumsi kurs Rp 14.569 per dolar AS). Namun, Gordon Ramsay sama sekali tidak berniat untuk meninggalkan kekayaannya itu untuk anak-anaknya.


Bahkan, anak-anak Ramsay selalu duduk di kursi ekonomi setiap kali berpergian dengan pesawat.


“Ini agar mereka tidak manja. Satu-satunya hal yang saya sepakati dengan Tana adalah anak-anak mendapat 25 persen dari deposit apartemen, tapi tidak seluruhnya,” ujar Ramsay.


2. Sting 



Penyanyi band rock The Police, Sting merupakan salah satu musisi sukses yang memilih untuk tidak memberikan hartanya untuk keenam anaknya. Saat ini, Sting berharta USD 300 juta (Rp 4,3 triliun).

Sting terang-terangan menyatakan bahwa anak-anaknya tidak akan menerima banyak dari kekayaannya itu karena ia dan istrinya akan menghabiskannya.


“Mereka harus bekerja. Semua anak saya tahu ini dan mereka jarang meminta sesuatu pada saya,” tuturnya.


3. Simon Cowell


Dikenal lewat ajang pencarian bakatnya “The X Factor”, gaji per tahun Simon Cowell mencapai USD 95 juta (Rp 1,3 triliun). Adapun kekayaan totalnya mencapai USD 550 juta (Rp 8 triliun).

Dalam wawancaranya dengan Esquire, Cowell mengatakan dirinya tidak percaya dengan konsep warisan yang diturunkan dari satu generasi ke generasi seterusnya.


“Warisan seharusnya berupa kesempatan yang Anda berikan ke banyak orang sehingga mereka bisa hidup dengan baik. Dan Anda meluangkan waktu untuk mereka, mengajarkan mereka apa yang Anda ketahui,” jelasnya.


Cowell meneruskan, ia akan mendonasikan sebagian besar hartanya untuk amal khususnya bagi anak-anak dan hewan setelah tutup usia.


4. Mark Zuckerberg 

 

Pendiri raksasa media sosial Facebook, Mark Zuckerberg merupakan orang terkaya ke-5 di dunia dengan kekayaan USD 74 miliar (Rp 1.078,67 triliun). Selain sebagai miliarder, Zuckerberg juga sering dikenal sebagai sosok yang sering beramal.

Bahkan dalam pengumuman di Facebook tentang kelahiran putrinya yang diberi nama Max, Zuckerberg menulis bahwa ia dan istrinya akan mendonasikan 99 persen warisan Max untuk badan amal.


Dalam unggahannya, Zuckerberg menulis: “Kami ingin kamu tumbuh di dunia yang lebih baik dari saat ini. Kami akan melakukan bagian kami untuk menjadikannya kenyataan, bukan hanya karena kami menyayangimu, tapi juga karena kami memiliki tanggung jawab moral kepada semua anak pada generasi selanjutnya.”


Zuckerberg dan istrinya mendirikan Chan-Zuckerberg Initiative (CZI) yang bertujuan memajukan potensi manusia dan mempromosikan kesempatan yang setara.


5. Warren Buffett
 


Investor ternama Warren Buffett merupakan orang terkaya kedua di dunia dengan harta melimpah. Saat ini, total kekayaannya mencapai USD 78,9 miliar (Rp 1.149,57 triliun).

Seorang filantropis, Buffett berjanji akan menyumbangkan 100 persen kekayaannya ke berbagai badan amal setelah meninggal. Artinya, ia sama sekali tidak menyisakan apapun untuk seluruh anaknya.


Namun, Buffett berjanji untuk memberikan sekitar USD 2,1 miliar (Rp 30,5 triliun) saham Berkshire Hatahway kepada yayasan amal anak-anaknya.


Sebagian besar kekayaannya akan ia teruskan ke yayasan amal Bill Gates dan istrinya, Bill and Melinda Gates Foundation.


6. Bill Gates 



Sama dengan miliarder-miliarder di atas, pendiri Microsoft Bill Gates juga merupakan sosok filantropis yang rendah hati. Ia berencana untuk meneruskan sebagian besar kekayaannya senilai USD 89,6 miliar (Rp 1.305,9 triliun) untuk kegiatan amal.

Gates dan istrinya memiliki yayasan amal swasta terbesar di dunia, The Bill & Melinda Gates Foundation yang bergerak khususnya di bidang kesehatan.


Kebiasaan beramal inilah yang diteruskan Gates kepada anak-anaknya, yang malah menyatakan bahwa mereka senang tidak menerima warisan dari kekayaan ayahnya.


Gates mengatakan hanya akan mewariskan USD 10 juta (Rp 145,7 miliar) untuk tiap anaknya. Jumlah ini setara dengan 0,01116 persen kekayaannya saat ini. “Saya rasa meninggalkan uang dalam jumlah besar bagi anak-anak tidak akan membantu mereka,” tutur Gates. 








Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates