Kenali Perubahan Yang Terjadi Pada Kehamilan Trimester Kedua, Ibu Hamil Wajib Tahu!


Pada kehamilan ini janin yang berada dalam perut Mums sudah mulai membesar, dan kondisi perut turut membesar mengikuti tumbuh kembang pada janin.

Mums, kehamilan trimester kedua masuk setelah kehamilan memasuki usia 4 bulan. Pada kehamilan ini janin yang berada dalam perut Mums sudah mulai membesar, dan kondisi perut turut membesar mengikuti tumbuh kembang pada janin. Perubahan yang sangat jeals terlihat, itu semua karena janin yang terus tumbuh dalam rahim pada usia kehamilan 16 – 22 minggu. Keluhan-keluhan yang terjadi pada trimester awal sudah mulai berkurang, dan Mums mulai beradaptasi dengan baik pada perubahan hormon yang dialami selama kehamilan.

Berbicara seputar kehamilan trimester kedua ini, sudah mulai banyak tampak perubahan yang terjadi. Mums akan merasa lebih baik dari kehamilan sebelumnya. Bila pada trimester Mums merasa kurang nafsu untuk makan, pada masa ini tingkat makan Mums sudah mulai membaik dan berangsur normal.

Adapun perubahan lainnya yang tampak pada kehamilan trimester kedua ini diantaranya adalah :

  1. Kulit di sekitar puting (areola) akan semakin gelap dan timbul garis yang memanjang dari pusar Mums sampai ke tulang pubis yang biasa disebut dengan linea nigra, ini disebabkan peningkatan hormone melanocyte.
  2. Terdapat garis-garis halus bewarna merah keunguan pada daerah payudara dan perut yang dikenal dengan stretch mark. Ini terjadi karena pemisahan jaringan kolagen di bawahnya dan tampak seperti jaringan parut yang tidak rata, yang akan timbul karena peregangan kulit di perut yang semakin membesar.
  3. Di masa ini Mums akan mengalami peningkatan warna pigmen kulit. Sehingga, kulit ibu hamil biasanya cenderung lebih gelap dari biasanya ketika sebelum hamil. Peningkatan warna pigmen ini terjadi tidak hanya pada kulit badan tapi menyeluruh. Peningkatan warna pigmen yang terjadi pada wajah akan menampakkan warna kecoklatan pada wajah terutama di daerah dahi, hidung atau pipi yang menyerupai topeng, disebut chloasma atau mask of pregnancy.
  4. Payudara Mums akan tampak lebih besar dari sebelumnya, tidak hanya itu saja, payudara akan terasa nyeri mulai dari rasa seperti kesemutan sampai betul-betul nyeri. Hal tersebut terjadi karena disebabkan adanya respons hormone terhadap saluran susu, nyeri payudara ini rasanya sama seperti sebelum haid. Menariknya pada kehamilan minggu ke-16 payudara Mums sudah mulai memproduksi cairan kolostrum hingga saat masa menyusui nanti.
  5. Mums akan lebih merasa ingin buang air kecil, hal tersebut dikarenakan peningkatan sirkulasi dari kandung kencing dan adanya tekanan dari rahim. Sayangnya, wanita hamil lebih rentan terkena infeksi saluran kemih bila dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil karena jumlah bakteri di dalam urin akan lebih meningkat, pada wanita hamil sekitar 7% sedangkan pada wanita tidak hamil sekitar 3%.
  6. Terjadinya keputihan yang berlebih pada trimester kedua. Bila sudah mulai berbau dan berwarna kuning atau hijau, ada baiknya untuk segera periksakan kandungan ke dokter kandungan.

Demikianlah beberapa perubahan yang terjadi pada Mums di kehamilan trimester kedua, tidak hanya selalu mengenai tumbuh kembang pada janin, tetapi perubahan pada Mums juga layak untuk disimak. Semoga bermanfaat! 





Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates