Anda Ingin Menurunkan Berat Badan, Hindari 5 Asupan Berikut


Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menjaga asupan makanan dan minuman serta melakukan aktivitas tertentu seperti olahraga secara rutin.

Dalam upaya mendapatkan tubuh ideal, ada tiga aspek yang perlu Anda perhatikan, yakni pola makan, olah raga dan cukup istirahat. Dengan demikian, upaya menurunkan berat badan Anda akan memberikan hasil yang memuaskan. Cara ini tergolong sehat, namun tidak semudah yang dibayangkan.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, ketiga aspek tersebut merupakan upaya terbaik untuk menurunkan berat badan.

“Jika hanya menjalani diet saja dan tidak diimbangi dengan olahraga, Anda akan cenderung merasa lemas. Jadi, lakukanlah kombinasi olah raga dan diet sehat dengan pola makan gizi seimbang,” ujar dr. Nadia.

Oleh sebab itu, aturlah jenis asupan Anda, dan hindari melahap berbagai jenis makanan dan minuman yang dapat menggagalkan perjuangan Anda dalam menurunkan berat badan.
Hindari makanan dan minuman berikut ini

Sudah melakukan cara di atas, namun berat badan tak kunjung turun? Bisa jadi, penyebabnya adalah asupan yang tak dijaga secara ketat. Berikut ini adalah makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi saat Anda sedang dalam program menurunkan berat badan :

1. Makanan beku

Makanan beku memang terkesan praktis dan hanya perlu beberapa menit untuk menyiapkannya. Namun jangan salah, sebagian besar makanan beku mengandung natrium, sodium dan zat-zat sintetis lainnya yang berlebih.

Selain itu, makanan beku juga mengandung kadar serat yang rendah dan menurunkan efek kenyang. Hal ini yang membuat perut tak kunjung terisi penuh dan selalu ingin makan. Konsumsilah makanan secara bijak, kalau bisa santaplah hasil masakan sendiri. 

2. Buah kering

Pilihlah buah segar ketimbang buah kering. Faktanya, buah kering memiliki kalori tinggi dan tambahan gula yang sebenarnya tak diperlukan. Satu cangkir kismis misalnya, mengandung 434 kalori dan 86 gram gula tambahan.

Sebagai perbandingan, secangkir anggur hanya mengandung 62 kalori dan 15 gram gula. 

3. Oatmeal instan

Oatmeal instan mungkin jauh lebih praktis untuk dibuat. Namun, bukan berarti makanan ini lebih sehat. Karena, selama proses pengolahannya, banyak kandungan nutrisi yang hilang. Ironisnya, beberapa oatmeal instan hadir sebagai makanan dengan indeks glikemik tinggi, yakni yang telah diberi tambahan berbagai macam rasa.

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang makan oatmeal instan dengan tambahan gula untuk sarapan, mengonsumsi makanan 81 persen lebih banyak sepanjang hari. Saat itu terjadi, fokus Anda untuk menurunkan berat badan akan buyar dan bisa jadi terganggu!

4. Jus buah dalam kemasan

Anda bisa mendapatkan banyak vitamin dan nutrisi berharga dari buah. Namun, ketika buah tersebut dikemas dalam jus buah, kandungan serat yang ada biasanya terkikis habis akibat proses pengolahan. Apalagi sebagian besar jus buah kemasan diberi gula tambahan hingga manisnya menusuk lidah!

Seperti dilansir dari Reader’s Digest, Rachel Harvest, seorang ahli diet terdaftar di New York, Amerika Serikat, menyatakan bahwa jus buah kemasan 100 persen mengandung zat pelonjak gula darah dan tidak memiliki nutrisi penting. Cara terbaik untuk mengonsumsi buah adalah dengan dimakan langsung tanpa olahan khusus. 

5. Topping salad

Ya, salad adalah pilihan banyak orang saat sedang dalam program menurunkan berat badan. Tapi, konsumsi makanan ini bisa menjadi sia-sia bila Anda menambahkan jenis taburan atau saus tertentu yang mengandung kalori tinggi. Bisa jadi, salad yang Anda konsumsi jauh dari kata sehat.

Beberapa bahan tambahan untuk salad seperti kacang hingga buah kering, sebenarnya dapat menambah 300-400 kalori. Jadi, fokuslah pada takaran utama dari salad seperti sayuran hijau dan camilan yang mengandung protein tinggi. Menambahkan topping boleh saja, asal dari bahan alami dan tidak mendominasi salad itu sendiri.

Dalam upaya menurunkan berat badan, jangan sampai Anda salah langkah. Bila ingin mendapatkan hasil yang memuaskan, hindarilah berbagai jenis makanan dan minuman di atas yang justru dapat menggagalkan program diet Anda. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan gaya hidup sehat. Semoga berhasil, ya!





klikdokter

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates