Berikut 5 Tips Agar Anda Tidak Salah Beli Ban Mobil


Ban mobil adalah bagian yang penting dari sebuah mobil. Ban menjadi bagian yang esensial untuk membuat mobil bisa berjalan dengan nyaman dan aman. Pengendara mobil perlu memilih ban yang tepat sesuai dengan jenis mobil yang digunakan. Dengan begitu, pengalaman berkendara menjadi terasa lebih menyenangkan.

Keamanan berkendara tidak hanya ditentukan oleh pengendara itu sendiri. Memang sangat penting bagi pengendara mobil untuk selalu berhati-hati di jalan raya. Namun harus disadari juga bahwa kondisi mobil tidak kalah penting dan sangat berpengaruh pada keselamatan berkendara. Untuk itu perlunya setiap bagian atau suku cadang mobil harus diperhatikan kondisinya dan dipastikan dalam kondisi siap untuk dikendarai.

Bagi Anda yang dalam kesehariannya menggunakan mobil untuk berkendara, tentu harus teliti memeriksa kondisi mobil yang digunakan. Coba bayangkan jika ada satu komponen pada mobil yang rusak pasti Anda tidak akan merasa nyaman berkendara. Salah satu contohnya adalah ban, kalau sudah aus ya harus diganti agar Anda tetap nyaman dan aman di jalan.

Membeli Ban yang Tepat

Ada banyak sekali produk dan tipe ban yang beredar di pasaran saat ini. Jika memang sudah waktunya bagi Anda untuk mengganti ban, maka harus memilih jenis ban yang tepat untuk digunakan. Jangan asal memilih karena bisa saja ban tersebut tidak nyaman dipakai dan tidak sesuai sehingga malah membahayakan Anda di jalan raya.

Bagi Anda yang sudah menemukan tanda-tanda kerusakan pada ban, maka segeralah membeli ban mobil baru. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar Anda tidak salah membeli ban untuk mobil :

1. Pilih Tipe Ban yang Tepat

Perhatikan dulu tipe ban apa yang dipakai di mobil Anda. Tipe ban yang digunakan untuk tiap jenis mobil bisa berbeda-beda. Anda bisa memeriksa tipe ban yang digunakan pada bagian belakang tutup tangki pengisian bahan bakar mobil. Jangan sampai Anda menggunakan tipe ban yang tidak sesuai karena bisa berbahaya.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sebelum membeli barang apapun, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Apakah Anda membutuhkan ban untuk mobil yang dipakai sehari-hari atau mobil yang dipakai untuk kebutuhan khusus. Kebutuhan khusus yang dimaksud seperti off road, balapan dan lain sebagainya. Pilih jenis ban yang bisa memenuhi kebutuhan Anda tersebut.

3. Lihat Ukuran Ban

Perlu diketahui bahwa ukuran ban berbeda-beda. Anda bisa melihat ukuran yang tertera pada ban. Ukuran tersebut akan menunjukkan ukuran velg dari mobil yang Anda gunakan. Jangan sampai Anda memilih jenis ban yang lebih besar atau bahkan lebih kecil dari ukuran velg mobil yang dipakai karena ban tidak akan bisa terpasang dengan baik.

4. Lihat Pola Tapak Ban

Pola tapak yang terlihat pada ban bukan dibuat tanpa arti dan tanpa fungsi. Perlu diketahui bahwa pola tapak tersebut akan berpengaruh pada kecepatan dan kenyamanan Anda dalam berkendara. Pola tapak yang bagus adalah pola yang desainnya normal. Anda bisa mencoba mencari referensi pola tapak yang direkomendasikan untuk jenis mobil yang dipakai.

5. Cek Lebar Ban

Selain ukuran ban, Anda juga harus melihat lebar ban yang akan dibeli. Lebar ban akan berpengaruh pada daya cengkram serta kecepatan mobil. Ban yang lebar akan memiliki daya cengkram yang kuat dan begitu juga sebaliknya. Jadi, pilih ban yang lebarnya sesuai dan bisa memenuhi kebutuhan Anda dalam berkendara.

Itulah tadi beberapa tips membeli dan memilih ban mobil yang sesuai. Jangan lupa, utamakan kualitas agar Anda selalu aman berkendara. Pastikan Anda bisa mendapatkan ban yang tepat agar mobil semakin nyaman dipakai berkendara. 





Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates