Tips Memandikan Bayi



Pada dasarnya bayi mempunyai tubuh yang sangat rentan, lembut, dan sensitive pada bagian tertentu. Karena itu Anda harus tetap hati-hati saat menggendong maupun memandikannya. Tak heran jika beberapa orang menyerahkan masalah tersebut kepada ahlinya, terlebih bagi bayi yang baru lahir karena memang ada aturan tersendiri seperti penggunaan sabun mandi cair bayi dan sebagainya.

Cara dan Tips Memandikan Bayi

Berikut adalah tips dan cara memandikan bayi yang baik dan benar. Anda bisa melakukannya sendiri dengan tahapan sebagai berikut  :

a. Menyiapkan peralatan mandi

Sebelum memandikan bayi, maka yang pertama kali perlu Anda lakukan adalah menyiapkan berbagai keperluan peralatan mandi bayi, seperti pakaian, handuk, sabun, dan lain sebagainya.

b. Menyiapkan air hangat

Isi bak mandi bayi dengan air hangat secukupnya, namun jangan sampai terlalu panas. Karena itu sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum menggunakannya untuk mandi bayi.

c. Membuka baju bayi

Lakukan hal ini pada bayi dalam posisi berbaring di atas alas, sebelum memandikannya dengan air hangat.

d. Mulai proses pemandian

Gunakan satu lengan tangan Anda sebagai penopang kepala dan tubuh bayi. Sementara tangan lainnya manfaatkan untuk menyangga tubuh bayi bagian bawah dan untuk membersihkan tubuh bayi. Jaga posisi tangan Anda agar kepala serta punggung bayi tetap tertopang kuat saat memandikannya.

e. Membersihkan bagian tubuh bayi

Mulailah pada kelopak mata secara perlahan atau menggunakan kain berbahan lembut yang sudah Anda basahi dengan air hangat. Kemudian lanjutkan pada bagian telinga, hidung, sampai semua wajah bayi secara hati-hati.

Gunakan sabun secukupnya saja agar kulit bayi Anda tidak mudah kering. Namun sebelumnya basahi terlebih dahulu tubuh bayi agar mudah untuk menyabunnya. Selain itu, juga berikan perawatan khusus pada bagian sensitive seperti selangkangan, ketiakdan lain sebagainya.

Lalu bersihkan sisa atau busa sabun secara perlahan. Anda bisa mengguyur tubuh bayi dengan air sedikit demi sedikit agar sabun tidak masuk pada area sensitive seperti mata maupun mulut. Lalu seka tubuh bayi tersebut dengan kain atau handuk besih.

Jika sudah selesai segera angkat bayi dari tempat mandi secara perlahan. Kemudian letakkan bayi di atas handuk atau perlak untuk Anda berikan lotion dan pakaian.




Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates