3 Panduan Makan bagi Ibu Hamil yang Perlu Anda Ikuti



Selamat atas kabar baik tentang kehamilan Anda! Saat Anda hamil, akan ada perubahan baik fisik maupun psikis yang Anda alami. Pada masa trisemester pertama, tentu saja ibu hamil sering mengalami mual dan muntah yang memang sangat mengganggu, bahkan ibu hamil hampir tidak bisa makan dengan nyaman.

Namun yang tentu lebih penting dari itu semua adalah si kecil yang kini ada di dalam perut Anda. Dia butuh nutrisi dan juga dukungan Anda agar dapat berkembang dan pada saatnya nanti bisa lahir ke dunia menjadi anak yang sehat. Jadi jangan menyerah dan Anda harus tetap mengkonsumsi makanan sehat.

Lantas, makanan apa saja yang dibutuhkan si kecil agar dapat berkembang dengan sehat? Simak panduan makan bagi ibu hamil berikut ini.

1. Tidak harus makan dua kali lipat

Adanya si kecil dalam perut Anda tidak berarti bahwa Anda harus makan dua kali lipat dari sebelumnya loh! Hal yang harus diperhatikan bukanlah kuantitas dari makanan Anda, namun kualitas dari makanan yang Anda makan jauh lebih penting.

Jadi, tetaplah makan dalam jumlah yang wajar namun pilihlah menu yang berkualitas agar terjamin kesehatan Anda dan juga si kecil.

2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Ibu hamil biasanya mengalami sembelit atau susah buang air besar. Namun mengingat adanya si kecil, ibu hamil tidak bisa mengkonsumsi obat sembarangan. Oleh karenanya, ibu hamil harus mengkonsumsi obat sembelit dan susah buang air besar alami.
 
Obat alami ini bisa berupa sayur dan buah. Serat prebiotic yang terkandung dalam sayur dan buah dapat mengatasi sembelit dan juga sebagai sumber zat besi yang dapat menjaga Anda dari kelelahan.

3. Perbanyak konsumsi ikan

Ikan banyak mengandung protein dan juga asam lemak omega 3 yang dapat membantu pembentukan dan pertumbuhan otak janin. Salah satu jenis omega 3 yaitu DHA (docosahexanoic acid) yang banyak berpengaruh terhadap kecerdasan si kecil.

Hubungan tentang DHA dan kecerdasan ini dikarenakan DHA berperan dalam sebagian besar materi abu-abu di dalam otak atau bagian yang berkaitan dengan kecerdasan.

Itulah 3 paduan makan bagi ibu hamil yang harus diingat agar si kecil tumbuh dengan sehat. Jangan lupa untuk terus makan sehat dan juga berolahraga agar mempermudah proses persalinan nantinya, ya! 





Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates