Mengenal Asuransi Berbasis Investasi


Bicara tentang produk keuangan, masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya asuransi berbasis investasi. Asuransi investasi sendiri merupakan gabungan antara 2 produk keuangan, yaitu asuransi jiwa berjangka panjang dan investasi dana kelolaan. Namun, produk utama dari asuransi berbasis investasi adalah asuransi jiwa. Asuransi berbasis investasi ini dapat dikenali atau dibuktikan dengan kontrak yang tertuang dalam polis asuransi jiwa.

Pada dasarnya, porsi investasi dalam polis asuransi jiwa adalah dana kelolaan seperti reksa dana. Dana kelolaan memiliki harga yang akan berubah-ubah setiap harinya serta kepemilikan investasi ditandai dengan satuan unit. Mengapa dana kelolaan disebut asuransi berbasis investasi? Dikarenakan semua satuan rupiah baik itu biaya asuransi, biaya administrasi, dan biaya lainnya akan dikonversi ke dalam satuan unit.

Pertimbangan dalam Membeli Polis Asuransi Investasi


Sebelum membeli polis asuransi Anda akan disuguhkan dengan simulasi dan ilustrasi pembayaran premi serta simulasi akumulasi saldo dana investasi. Kewajiban Anda setiap bulan sebagai pemegang polis adalah melakukan beberapa hal seperti pembayaran biaya asuransi dan top-up investasi. Jika Anda tertarik dengan polis asuransi investasi, maka perhatikan beberapa pertimbangan di bawah ini.

1. Fee Jual dan Fee Beli

Anda harus bisa memahami bahwa setiap pembayaran premi dan lainnya berarti Anda telah membeli investasi dalam bentuk dana kelolaan. Investasi ini mengutip dana dari biaya beli dan biaya jual yang jumlahnya berkisar antara 3%-5% dari nilai transaksi.

2. Biaya Premi terhadap Manfaat Uang Pertanggungan

Semakin besar premi yang Anda bayar tentu uang pertanggungannya juga semakin besar. Dalam hal membeli proteksi atau perlindungan, maka Anda disarankan mencari nilai pertanggungan terbesar yang sesuai dengan kemampuan ekonomi Anda. Tujuannya tidak lain adalah agar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang optimal tanpa memberatkan kondisi keuangan Anda.

3. Reputasi Perusahaan Asuransi Penerbit Polis 

 
Lakukan riset pada perusahaan yang akan Anda beli polis asuransinya dengan melihat rekam jejak perusahaan tersebut. Pahami bahwa asuransi investasi ditujukan untuk rencana keuangan jangka panjang. Untuk itu, pilih perusahaan yang terdaftar pada otoritas jasa keuangan, kondisi keuangan perusahaan baik, dan proses klaim mudah dilakukan.

Nah, demikianlah selayang pandang mengenai asuransi investasi yang memberikan banyak manfaat, salah satunya sebagai alat perencanaan perlindungan finansial keluarga.





Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates