Ketahui Aturan Penggunaan Alat Bantu Dengar



Anda yang memiliki kemampuan pendengaran baik haruslah banyak-banyak bersyukur. Hal ini karena indra pendengaran yang berfungsi dengan baik adalah sebuah anugerah yang sangat mahal, bahkan tidak bisa dinilai dengan uang. Banyak orang yang mengalami gangguan pada pendengaran sehingga membutuhkan bantuan alat bantu dengar agar dapat mendengar dengan normal.

Meski telah dibantu dengan alat bantu dengar, Anda tidak boleh sembarangan dalam menggunakan piranti ini. Hal ini dikarenakan efek samping alat bantu dengar dapat timbul disebabkan oleh penggunaan yang tidak tepat. Untuk itu, pahami aturan penggunaannya yang tepat di bawah ini.

1. Lepas alat bantu ketika mandi dan membasuh wajah

Alat bantu dengar merupakan piranti elektronik kecil yang dipasang di bagian telinga. Karena merupakan piranti elektronik, sifat dari piranti ini tentu harus dijauhkan dari listrik. Dilarang untuk tetap memasang piranti ini ketika Anda mandi atau membasuh wajah. Hal ini untuk menghindarkan piranti kemasukan sabun dan air.

2. Lepas piranti ketika berada di lingkungan panas atau terlalu dingin

Piranti ini sangat sensitive terhadap suhu lingkungan ekstrem, baik itu dingin ataupun panas. Apabila Anda tetap memakai piranti di lingkungan ekstrem, hal ini dapat menimbulkan hal yang tidak diinginkan sehingga alat bantu dengar tidak dapat berfungsi optimal. Sehingga sebaiknya copot sementara dulu piranti ketika lingkungan Anda terlalu panas, misal karena terik matahari atau dingin.

3. Tetap jaga alat bantu dengar agar selalu bersih

Sebaiknya alat bantu dengar Anda bersihkan setiap hari sebelum beranjak tidur. Alat bantu dengar rentan terkena kotoran hingga menumpuk. Hal ini berpotensi membuat piranti ini tidak nyaman lagi untuk digunakan.

4. Peralatan pembersihan

Untuk membersihkan alat bantu dengar, Anda membutuhkan peralatan khusus seperti sikat pembersih, kawat hingga alat serbaguna. Gunakan sikat pembersih dengan bulu halus dan lembut. Selain itu, pilih kawat khusus untuk membersihkan alat bantu dengar.

Didirikan sejak tahun 1997, Melawai telah menjadi penyedia berbagai alat bantu dengar Indonesia untuk masyarakat yang menghadapi masalah pendengaran. Pusat alat bantu dengar melawai.com juga menghadirkan layanan gratis pemeriksaan pendengaran langsung di outlet sehingga Anda dapat langsung memilih alat bantu dengar yang tepat.




Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates