Liburan ke Luar Negeri Tidak Mesti Mahal, Ini 8 Hal Mudah yang Perlu Anda Lakukan



Belakangan ini, tren traveling ke luar negeri menunjukkan gejala peningkatan yang signifikan. Setidaknya hal ini bisa dilihat dari beberapa kondisi, misalnya semakin panjangnya antrian permohonan paspor atau visa di Kantor Imigrasi, semakin ramainya penumpang pesawat untuk rute penerbangan ke luar negeri, semakin gencarnya promo-promo wisata ke luar negeri di tengah-tengah masyarakat dan sebagainya.

Apakah ini bisa dijadikan tolok ukur bahwa taraf hidup masyarakat kita semakin baik? Tidak bisa dipungkiri, memang pengaruhnya ada dan mungkin banyak. Namun yang perlu digarisbawahi adalah bahwa travelling atau melakukan perjalanan ke luar negeri pada kondisi saat ini tidak hanya dimonopoli oleh kalangan yang berkantong tebal. Terbuka lebar peluangnya bagi kalangan kelas menengah ke bawah untuk melakukan traveling ke luar negeri.

Banyak jalan menuju Roma, itu kata pepatah lama yang sangat popular. Begitupun untuk urusan traveling ke luar negeri, kalau Anda ulet tidak sedikit cara yang bisa dilakukan sekaligus disiasati agar bisa traveling atau liburan ke luar negeri dengan hemat. Lebih dari itu, pada zaman milenial sekaramg ini banyak sekali berbagai penawaran yang menarik dan tidak sulit untuk diperoleh, misalnya promo tiket pesawat murah, promo penginapan hotel, promo mengunjungi destinasi wisata dan sebagainya.

Maka bisa disimpulkan, travelling ke luar negeri bukanlah hal yang mustahil dilakukan di zaman sekarang. Anda bisa mempersiapkan segalanya mulai dari booking tiket pesawat, kamar hotel, membeli perlengkapan travel, visa dan paspor, dan mengumpulkan informasi destinasi negara tujuan hanya melalui internet. Cukup mudah dan simple bukan?

Jika Anda berniat melakukan traveling ke luar negeri, berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar bisa hemat, aman dan lebih berkesan :

1. Lengkapi dokumen yang diperlukan

Kelengkapan dokumen akan menjamin traveling Anda aman. Siapkan dokumen seperti KTP, paspor dan Visa selama tinggal di luar negeri, karena merupakan dokumen pribadi yang harus di bawa sebagai kartu identitas Anda. Paspor juga digunakan untuk check-in pesawat dan terkadang untuk booking tiket pesawat. Selain itu, pembuatan paspor dan visa beberapa bulan sebelum berangkat, sangat dianjurkan, karena prosesnya bisa cukup rumit.

2. Pilih negara bebas visa

Visa dapat menjadi salah satu pos biaya cukup besar saat berlibur ke luar negeri, belum lagi syarat-syarat yang harus kita penuhi agar pembuatan visa negara tujuan kita diloloskan. Untuk menghindari keruwetan ini, lebih baik pilih negara yang bebas visa seperti negara yang berada di kawasan ASEAN, Maroko dan negara lainnya.

3. Berburu tiket pesawat promo

Keberadaan travel agen online seperti blibli.com dirasakan sangat membantu masyarakat. Selain menawarkan kemudahan dalam membeli tiket, travel agen online juga sering menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan membeli tiket di tempat lain.

Pesan tiket pesawat Qatar Airways promo di blibli.com bisa menjadi pilihan Anda yang ingin melakukan penerbangan internasional dengan menggunakan maskapai terbaik di dunia ini. Qatar Airways memiliki rute perjalanan ke seluruh penjuru dunia. Mulai dari Timur Tengah, India, Afrika, Eropa, Amerika Utara, dan masih banyak lagi.

Cek tiket pesawat Qatar Airways dan sesuaikan dengan jadwal penerbangan yang Anda inginkan hanya di blibli.com. Cek harga tiket pesawat Qatar Airways yang lebih murah dengan promo-promo serta potongan harga yang diberikan oleh blibli.com.

Selain itu, promo tiket pesawat juga sering diberikan maskapai penerbangan pada waktu tertentu, misalnya menjelang hari raya Idul Fitri atau hari besar lainnya. Oleh karenanya, Anda harus rajin memantau promo yang sedang diadakan agar bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang lebih murah.

4. Berburu hotel murah

Biaya hotel bisa jadi salah satu pemicu anggaran membengkak, maka sangat penting untuk menyiapkan hal ini jauh-jauh hari sebelum berangkat. Berburulah diskon kemudian booking hotel pilihanmu. Selain itu memesan jauh hari juga menghindari lonjakan harga hotel karena musim liburan. Selain itu sebisa mungkin pesan hotel yang jaraknya cukup dekat dengan objek wisata yang akan kamu datangi.

5. Pilih transportasi publik

Untuk memangkas dana anggaran, sangat direkomendasikan untuk menggunakan alat transportasi publik dibanding menggunakan transport yang disediakan hotel atau taksi. Selain lebih murah, Anda pun bisa mendapat pengalaman untuk berinteraksi langsung dengan penduduk setempat. Sebelum berangkat ke negara tujuan, kumpulkan berbagai informasi seperti transportasi publik yang digunakan, harga, metode membayar, jadwal, rute, dan sebagainya.

6. Makan dan belanja hemat

Untukmenghemat anggaran, sebisa mungkin hindari makan di kafe atau restoran, carilah tempat makan kecil atau fastfood saat ke daerah Amerika karena harganya cenderung murah. Atau pilih tempat makan yang banyak kamu temukan turis atau backpacker didalamnya.

Untuk merencanakan belanja, kumpulkan informasi tempat belanja oleh-oleh yang paling dekat dengan hotel atau tempat wisata yang Anda datangi dengan penawaran harga yang lebih murah dan kualitas terjamin.

7. Mencari tempat wisata gratis

Memilih destinasi wisata gratis tidak ada salahnya. Dengan bantuan Google, carilah beberapa tempat wisata gratis di negara tujuan. Pengeluaran berkurang banyak namun objek foto dan pengalaman di negeri asing bertambah. Untuk mendapatkan tempat wisata gratis, kunjungi negara yang memiliki nilai tukar uang yang murah sehingga harga tiket masuk wisata bisa didapat dengan harga murah bahkan gratis.

8. Memilih waktu yang tepat

Penentuan waktu berangkat liburan ke luar negeri juga harus direncanakan dengan tepat. Pemilihan waktu yang pas berkaitan langsung dengan harga tiket penerbangan, hotel dan ramai tidaknya tempat wisata. Sebaiknya pilih low season, atau ‘tidak masa liburan’, untuk berlibur untuk mendapatkan harga tiket pesawat dan hotel lebih murah, bahkan biaya tiket masuk berbagai wisata.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk traveling dengan aman, hemat dan menyenangkan. Selamat menikmati liburan Anda semoga bisa lebih berkesan. 




Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates