Ketahui Jenis Haid Yang Bisa Anda Alami

Haid pada wanita memang sudah tidak asing lagi, namun tahukah Anda, seringkali wanita mengeluh tidak dapat haid setiap bulan dan jumlah darah haid bervariasi. Wanita jadi bingung apa penyebab haid tidak teratur, terkadang bisa lebih banyak dari biasanya dan lama hingga lebih dari tujuh hari. Selain itu juga mungkin tidak haid selama beberapa bulan, padahal hasil tes kehamilan negatif. Tidak jarang hal ini terjadi diikuti dengan  pertambahan berat badan yang cukup ekstrim. Tidak hanya itu, kadang juga didapati wanita tersebut jadi lebih berjerawat atau adanya pertumbuhan bulu-bulu di daerah atas bibir, pangkal paha atau lengan atas, dada, perut atau punggung. Apabila dilakukan pemeriksaan USG transvaginal atau transrektal, akan didapati gambaran kista-kista kecil yang berjejer pada indung telur dan seringkali dikenal dengan sindroma ovarium polikistik (SOPK). Namun perlu diketahui juga bahwa SOPK ini juga dapat terjadi pada wanita yang kurus. 



Lama siklus menstruasi yang memanjang, selain siklus yang teratur, jumlah darah yang keluar serta lama siklus haid juga menjadi hal yang penting. Umumnya lama siklus haid terjadi selama 3-7 hari, lebih dari 7 hari maka dikatakan bahwa lama haid memanjang. Lama haid yang memanjang ini umumnya diikuti dengan jumlah darah haid yang bertambah banyak pula. Hal ini dapat disebabkan oleh karena adanya pertambahan luas permukaan dinding dalam rahim akibat berat tubuh seperti yang menekan kedalam rongga rahim, infeksi dinding rahim (endometritis) atau hal lain yang dapat menyebabkan bertambah luasnya bagian dalam rongga rahim, pastikan cocok dalam menggunakan pembalut, dan Anda bisa mencari merk pembalut yang berkualitas baik.

Selain itu haid yang memanjang juga dapat disebabkan oleh karena lapisan dalam rongga rahim terlalu tebal (penebalan dinding rahim). Hal ini bisa disebabkan oleh karena adanya siklus anovulasi atau keganasan. Dalam hal ini, evaluasi bentuk ukuran dan struktur dalam rahim perlu dievaluasi dengan menggunakan pencitraan seperti USG (transvaginal atau transrektal pada mereka yang belum menikah), jika perlu dapat dilakukan evaluasi langsung dengan menggunakan kamera kecil yang dimasukkan dalam rongga rahim dan disebut histeroskopi, maka dari itu perhatikan penyebab haid sedikit karena bisa menyebabkan pola haid Anda tidak teratur. 




Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates