Mengetahui Manfaat Kawat Gigi Untuk Kesehatan dan Macam-Macam Jenisnya


Pasang kawat gigi merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi. Kawat gigi akan membantu mengatasi berbagai kondisi gigi atau rahang yang bermasalah sehingga dapat diperbaiki.

Kawat gigi atau yang biasa disebut behel merupakan sebuah alat berbasis kawatyang digunakan oleh ortodontis untuk memperbaiki susunan gigi. Alat ini dibedakan menjadi beragam jenis yang bisa dipilih untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Yang mana secara fungsi, sebenarnya semua jenisnya sama-sama untuk merapikan gigi. 



Mengapa Sebaiknya Memasang Kawat Gigi?


Deretan gigi yang tidak beraturan dapat menyebabkan seseorang kesulitan berbicara ataupun mengunyah. Tidak hanya itu, jika tidak ditangani dengan tepat maka kondisi ini bisa saja menimbulkan kerusakan pada gigi dan gusi, mencederai otot-otot rahang atau bahkan mempengaruhi bentuk wajah. Untuk menghindari hal-hal ini terjadi, disarankan baiknya lakukan prosedur pasang kawat gigi untuk merapikan gigi. 

Manfaat Menggunakan Kawat Gigi


Secara umum, tujuan digunakannya kawat gigi adalah untuk menata gigi agar lebih rapi dan teratur. Sehingga mampu meningkatkan kepercayaan diri terhadap penampilan. Namun lebih dari itu, manfaat kawat gigi untuk kesehatan antara lain:

1. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Masalah ortodontik dapat diatasi dengan memakai kawat gigi, dimana ketika struktur gigi selaras maka hal ini dapat meningkatkan kebersihan dan secara langsung juga pada kesehatan gigi.

2. Mencegah Penumpukan Plak

Kondisi gigi normal beresiko rendah mengalami penumpukan plak. Sehingga penggunan kawat gigi untuk merapikan gigi dapat mencegah terjadinya penumpukan plak pada gigi dan gusi.

3. Mencegah Temporomandibular Disorder

Merupakan kondisi kelainan karena tekanan pada rahang akibat susunan gigi tidak nomal. Maka dengan pemakaian kawat gigi, kondisi kelainan ini dapat dicegah.

4. Menyelesaikan Masalah Makan

Gangguan makan yang diakibatkan gigi tidak rata dapat menyebabkan masalah gizi dan pencernaan. Hal ini dapat diselesaikan jika kondisi tersebut telah diperbaiki.

5. Memperbaiki Tulang Rahang

Penggunaan kawat gigi dapat memperbaiki bentuk dan posisi rahang menjadi normal. Sehingga baik untuk kesehatan gigi dan juga memperbaiki bentuk wajah.

Macam-Macam Jenis Kawat Gigi


Kawat gigi yang digunakan oleh setiap orang tidak selalu sama, bisa berbeda jenis dari orang lainnya. Hal ini karena tingkat kesulitan atau keparahan kondisi gigi berbeda pada setiap orang. Selain itu perbedaan kemampuan biaya serta nilai estetika yang diinginkan juga turut andil dalam hal ini. Adapun jenis kawat gigi yang bisa dipilih untuk digunakan antara lain:

1. Kawat Gigi Konvensional

Di Indonesia, jenis kawat gigi ini adalah yang paling umum digunakan karena dinilai praktis dan harganya tak terlalu mahal. Kawat gigi ini terdiri dari bracket, kawat dan cincin yang umumnya terbuat dari logam atau ceramic. Cara kerja keduanya sama, yang membedakan hanya tampilannya.

2. Kawat Gigi Self-ligating

Dilihat sekilas, bentuk kawat gigi self-ligating hampir sama dengan jenis kawat gigi konvensional. Bedanya, jenis kawat gigi ini tidak membutuhkan karet untuk bisa menahan kawat tetap ada di bracket. Bracket pada kawat gigi self-ligating ini memiliki kemampuan “buka-tutup” sendiri.

3. Aligners Transparan

Aligners transparan dicetak secara khusus membentuk seperti susunan gigi yang disesuaikan dengan penggunanya. Serupa pelindung gigi, alat ini bisa dilepas dan pasang sendiri kapanpun sehingga lebih nyaman digunakan. Untuk hasil yang terbaik, alat ini peru digunakan selama 20 – 22 jam per hari.

4. Kawat Gigi Lingual

Jenis kawat gigi ini dipasang pada bagian belakang gigi sehingga menghadap ke lidah. Sementara dari bentuknya, kawat gigi lingual sama dengan jenis kawat gigi konvensional namun tidak tampak dari bagian depan.

Pasang kawat gigi pada dasarnya adalah prosedur yang dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan gigi. Karena dengan susunan gigi yang rapi, maka gigi akan lebih bersih dan juga sehat.




Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates