8 Makanan Mengandung Asam Folat Tinggi untuk Ibu Hamil, Murah dan Mudah Didapat

Asam folat merupakan salah satu zat gizi yang banyak manfaatnya bagi tubuh, khususnya bagi para wanita yang sedang hamil. Zat gizi satu ini baik bagi perkembangan janin karena dapat mendukung pertumbuhannya secara optimal dan menekan risiko janin lahir dalam kondisi cacat. 



Mengingat manfaatnya yang besar tersebut, dianjurkan kepada para ibu hamil untuk tidak melewatkan mengkonsumsi zat gizi tersebut. Asam folat merupakan bentuk vitamin B kompleks yang larut dalam air, banyak terkandung dalam berbagai makanan, buah atau sayuran. Tidak mesti makanan yang mahal, banyak jenis makanan yang murah dan mudah didapat mengandung zat gizi ini.

Oleh karenanya, tidak ada alasan bagi para ibu hamil mengidap kekurangan konsumsi asam folat. Ibu yang bijak tentu akan memperhatikan perkembangan janin yang dikandungnya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat dalam jumlah yang cukup. Hal ini bukan saja merupakan bentuk kasih sayang kepada calon bayi, namun lebih dari itu merupakan pemikiran jauh ke depan demi masa depan anak itu sendiri.

Anda, para ibu yang sedang hamil tak perlu bingung memilih makanan yang mengandung asam folat, berikut ini disajikan 8 jenis makanan yang murah dan mudah didapat, namun mempunyai kandungan asam folat yang tinggi sehingga bermanfaat bagi Anda.

1. Telur

Tentu tak seorangpun akan merasa kesulitan untuk mendapatkan jenis makanan satu ini. Disamping murah dan mudah didapat, telur juga sangat membantu asupan berbagai zat gizi, seperti protein, selenium, riboflavin, vitamin B12 dan tentu saja asam folat. Satu telur berukuran besar mengandung kurang lebih 23,5 mikrogram asam folat.

2. Hati Ayam

Makanan ini sangat direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan asam folat bagi ibu hamil karena mempunyai kandungan asam folat yang tinggi. Dalam 100 gram hati ayam, terdapat 1.000 mikrogram kandungan asam folat.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau menjadi makanan sehari-hari, sehingga tentu tak sulit didapat. Sayuran hijau seperti bayam, kale dan arugula termasuk makanan yang rendah kalori, namun mengandung asam folat yang tinggi.

4. Brokoli

Sejak lama orang mengetahui jika jenis sayuran ini mengandung gizi yang tinggi, termasuk asam folat. Cukup dengan satu sajian brokoli matang, Anda sudah mendapatkan 84 mikrogram asam folat, yang berarti sudah memenuhi seperlima dari kebutuhan harian.

5. Jeruk

Buah jeruk dan sejenisnya seperti jeruk lemon dan limau merupakan buah yang kaya akan asam folat. Satu buah jeruk yang besar, kandungan asam folatnya bisa mencapai 55 mikrogram. Selain mengandung asam folat, buah jeruk juga mengandung vitamin C dosis tinggi, bermanfaat untuk meningkatkan imunitas.

6. Pepaya

Buah yang sering ditanam banyak orang di rumah ini ternyata juga memiliki kandungan asam folat yang termasuk tinggi. Dari jumlah 140 gram pepaya mentah mengandung sekitar 53 mikrogram asam folat atau sekitar 13% dari kebutuhan harian.

7. Pisang

Seperti pepaya, pisang juga merupakan buah yang cukup kaya akan asam folat. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 23,6 mikrogram asam folat atau sekitar 5% dari kebutuhan harian.

8. Alpukat

Buah yang menjadi idola banyak orang ini bukan hanya memiliki rasa yang khas, namun juga banyak mengandung nutrisi, termasuk asam folat. Anda, para ibu hamil cukup makan setengah buah alpukat sudah bisa mendapatkan asupan 82 mikrogram asam folat.

Nah, itulah jenis makanan yang bisa Anda pilih juga para ibu hamil pada umumnya dalam upaya memenuhi kebutuhan asam folat bagi pertumbuhan janin yang dikandungnya. Cukup mudah untuk mendapatkan dan murah kan? 





Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates