Susah Mengerjakan Soal Listening TOEFL? Ini Tips Mudah Mengerjakannya




Salah satu tahap penting tes toefl adalah listening. Dibandingkan dengan tahap tes yang lain, tes listening menjadi momok tersendiri bagi para peserta karena umumnya mereka kesulitan untuk memahami percakapan yang dilakukan. 


Tips Mengerjakan Soal Listening TOEFL

Namun Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara mudah mengerjakan listening TOEFL yang bisa dipraktekkan untuk mendapatkan nilai listening yang memuaskan. Penasaran dengan cara-caranya? Ini dia ulasannya

1. Fokuskan Pada Kalimat Akhir

Soal listening bisanya berbentuk dialog dari dua orang yang bercakap-cakap. Tiap dialog itu sendiri pasti akan diakhiri dengan pertanyaan. Oleh karena itu tips mudah mengerjakan listening TOEFL adalah dengan memfokuskan pendengaran ke kalimat akhir sebelum pertanyaan.


Biasanya jawaban yang terdapat pada pilihan bersifat mengecoh dan jawaban yang benar terdapat pada kalimat akhir yang diucapkan oleh pembicara sebelum memulai pertanyaan.


2. Cermati Situasi dan Kondisi Percakapan

Listening part B biasanya akan terfokus pada situasi dan kondisi percakapan. Oleh karena itu selama percakapan berlangsung cermati topic pembicaraan apa yang dibahas. Selain itu cermati juga situasi dan kondisi dari dua orang yang berbicara mulai dari tempat, waktu. Hingga siapa orang yang mereka bicarakan.


3. Temukan Kata Kunci

Untuk part C listening biasanya dimulai dengan dialog yang cukup panjang. Oleh karena itu untuk bisa menjawab soal listening dengan benar, maka Anda harus memperhatikan triknya. Untuk soal dialog listening yang panjang, temukan kata kunci percakapan yang bisa ditemukan pada soal.


Fokuskan pendengaran dan waspada dengan percakapan yang mengandung unsur 5W+1H. Anda juga bisa membuat kesimpulan atas situasi yang terjadi saat percakapan berlangsung.

Walaupun terdengar susah, namun dengan menggunakan berbagai trik, maka soal listening TOEFL tentu bisa dikerjakan dengan lebih mudah. Namun agar skor semakin tinggi, Anda juga perlu melakukan persiapan dengan mengikuti kursus bahasa inggris online seperti di EF Adults.

Untuk meningkatkan kemampuan listening, Anda bisa mengambil program kursus kelas listening. Selain itu, program kursus ini juga menghadirkan pertemuan khusus bagi para peserta untuk melakukan kegiatan kursus di luar sehingga Anda bisa mendengar secara langsung percakapan bahasa inggris yang fasih. 



 

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates