Wisata ke Jawa Tengah, Lengkapi Kunjungan Anda ke Semarang

image  :   pixabay


Melakukan perjalanan wisata ke wilayah Jawa Tengah biasanya para wisatawan lebih fokus mengunjungi daerah Yogyakarta dan Solo serta wilayah sekitarnya. Bisa dipahami, karena kedua kota ini adalah sebagai pusatnya kebudayaan Jawa, selain memang banyak destinasi wisata yang terkenal hingga level dunia di kedua wilayah ini.

Namun, tak kalah menariknya jika Anda juga mengunjungi Semarang. Sebagai ibukota Propinsi Jawa Tengah, kota ini cukup ramai dikunjungi wisatawan terutama ketika hari libur tiba. Kota yang terkenal dengan makanan khasnya Lumpia ini punya banyak destinasi yang menarik dan tentu saja mudah diakses.

Untuk menuju wilayah Semarang bukanlah hal yang sulit. Ketika perjalanan wisata Anda puas mengunjungi Yogyakarta dan Solo, maka untuk melanjutkan ke Semarang sangatlah mudah. Banyak akses jalan yang baik dan tersedia berbagai moda transportasi yang bisa Anda pilih, bisa bus, travel atau kereta api.

Tak ada salahnya kalau Anda memilih perjalanan dari Solo menggunakan kereta api, karena sekarang cukup gampang mendapatkan tiket kereta solo semarang. Biasanya kereta menjadi pilihan moda transportasi para traveler, karena meski perlu waktu perjalanan lebih panjang, namun pengalaman perjalanan dengan kereta akan memberikan nilai dan kesan yang berbeda. Perjalanan dengan kereta biasanya melewati jalur-jalur kereta tertentu yang menawarkan panorama sangat indah dan menarik.

Lantas, tempat wisata apa saja yang bisa Anda temukan di Semarang?

Wilayah Semarang dan sekitarnya sekarang mulai menjadi tujuan para traveler, tak heran jika kunjungan wisatawan di wilayah ini makin hari semakin tinggi. Wisata Semarang didukung dengan aneka tempat wisata yang variatif, Anda bisa menemukan tempat wisata alam yang indah, tempat wisata bersejarah, atau tempat untuk berburu foto narsis.

Berikut 5 tempat wisata di Semarang yang paling popular dan wajib Anda kunjungi, sayang kalau sampai dilewatkan. Simak uraiannya!

1. Kawasan Kota Lama Semarang

Tidak lengkap rasanya ke Semarang kalau belum mengunjungi kawasan Kota Lama Semarang. Tempat wisata ini sudah lama dikenal sebagai lokasi wisata paling populer di kota ini. Bagi Anda yang hobi fotografer, maka di sinilah tempatnya obyek-obyek menarik yang berupa deretan bangunan tua bergaya Eropa klasik bisa Anda temui.

2. Lawang Sewu

Lawang Sewu sering disebut sebagai bangunan yang angker, karena merupakan gedung tua yang dulunya berfungsi sebagai kantor pusat Indische Spoorweg Maatscappij (NIS), perusahaan yang membangun jalur kereta antara Semarang dengan Solo dan Jogja.

Lawang Sewu dibangun pada tahun 1904, mempunyai bentuk yang sangat unik dengan ciri khas memiliki banyak pintu dan jendela, sehingga masyarakat setempat menyebut bangunan ini sebagai Lawang Sewu, yang artinya seribu pintu.

3. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung memiliki ciri khas berbentuk enam payung elektrik di serambi yang membuatnya mirip dengan Masjid Nabawi. Ada juga 25 pilar yang sengaja didesain mirip dengan Coloseum yang ada di Kota Roma, Italia. Jumlah pilar sebanyak 25 merupakan representasi jumlah nabi dan rasul yang wajib diketahui umat Islam. Kemudian menara Asmaul Husna yang memiliki tinggi 99 meter, dari puncak menara ini pengunjung dapat melihat pemandangan Kota Semarang.

4. Museum Kereta Api Ambarawa

Berkunjung ke lokasi wisata ini, pengunjung berkesempatan untuk merasakan pengalaman unik menaiki lokomotif tua. Tersedia dua rute kereta wisata yang bisa dipilih, yakni Ambarawa-Tuntang dan Ambarawa-Bedono. Tempat wisata di Semarang ini dulunya merupakan lokasi Stasiun Ambarawa, yang dibangun oleh Raja Willem I dari Belanda pada tanggal 21 Mei 1873. Stasiun ini ditutup pada tahun 1976 dan secara resmi mulai berubah fungsi menjadi museum.

5. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong merupakan tempat beribadah etnis Tionghoa di Semarang. Tempat wisata ini terletak di lokasi kedatangan laksamana dari Tiongkok yang terkenal, yakni Laksamana Cheng Ho pada tahun 1400-an. Klenteng yang sangat terkenal ini memiliki desain arsitektur khas Tiongkok dengan warna dominan warna merah. Dengan luas mencapai 3,2 ha, di dalamnya terdapat lima bangunan, yakni Sam Poo Kong, Tho Tee Kong, Kyai Juru Mudi, Kyai Jangkat, serta Kyai Cundrik Bumi.

Itulah beberapa destinasi wisata andalan yang bisa Anda kunjungi di kota Semarang dan sekitarnya. Bagaimana, cukup menarik bukan? Jangan sampai terlewat saat Anda wisata ke Jawa Tengah. 
 
 
 
 

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates